About

Saat ini program aplikasi Al-Qur’an sudah semakin banyak, sehingga kita mempunyai banyak pilihan. Program Al-Qur’an tidak lagi hanya tersedia untuk komputer, tetapi banyak tersedia untuk HP / smartphone.

Lalu mengapa masih memerlukan program MyQuran Explorer ini?

Beberapa alasan yang bisa saya kemukakan adalah:
  1. Program MyQuran Explorer berjalan pada sistem operasi Windows (pada PC/Laptop), sehingga kita lebih leluasa mengeksplor atau mentadabbur Al-Qur’an.
    •    Layar komputer lebih luas, keyboard lebih besar, bisa menggunakan mouse.
    •    Kita bisa melakukan copy-paste lebih mudah, melakukan selection, scroll, pencarian (find), dan lain-lain.
    •    Multitasking lebih enak, mudah switching antara aplikasi yang sedang kita buka.
  2. Program MyQuran Explorer menyediakan fungsi pencarian yang lebih fleksibel, yang hingga saat ini (saya melakukan evaluasi dan update di bulan Januari 2018) masih belum tersedia pada aplikasi-aplikasi Al-Qur’an versi smartphone (lihat lebih lanjut pada penjelasan fungsi Pencarian).
  3. Program MyQuran Explorer menyediakan kemudahan bagi kita untuk menemukan ayat yang akan dibaca oleh Qori (pada suatu acara) disesuaikan dengan tema ceramah atau acara, lalu mengcopy-paste hasil pencarian ke dokumen MS Word, atau bisa juga langsung melakukan pencetakan (fungsi ini yang sering saya gunakan ketika menjadi ketua Rohis di kantor :) ).
Jadi, walaupun di smartphone kita sudah terpasang aplikasi Al-Qur’an, di komputer kita masih memerlukan program MyQuran Explorer.


SPESIFIKASI


Program MyQuran Explorer:
  • Hanya bisa dipasang/dijalankan pada komputer berbasis Windows (PC/Laptop/Netbook), tidak bisa dijalankan pada sistem Android atau yang lainnya.
  • Memerlukan software Microsoft Access minimal versi 2003, atau yang lebih baru (32bit, tidak bisa 64bit).
  • Jika pada komputer anda terpasang Microsoft Office 64bit, maka perlu direinstall ke versi 32bit. Windows 64bit tidak mengapa, hanya perlu MS Office yang 32bit.
  • Font yang digunakan adalah: OpenQuran.ttf (tersedia dalam file yang didownload, tinggal dicopy ke folder Windows\Fonts).
  • File MP3 tersedia di halaman Download. File sudah dalam satuan per ayat sehingga ketika teks Arabic diklik terdengar bacaan ayat yang sesuai.
Program MyQuran Explorer ini GRATIS / Freeware.
Program in syaa Allah akan selalu saya update untuk menambahkan fungsi baru atau memperbaiki kesalahan. Kritik dan saran silahkan email ke saya: haer@RumahAccess.com

Semoga bermanfaat!

1 komentar: