Selamat Datang


Terima kasih Anda telah mengunjungi situs ini.

Di sini saya menyajikan program aplikasi database yang saya buat untuk meng-explore Al-Qur'an melalui terjemahan Bahasa Indonesia. Program ini saya buat untuk memudahkan kita dalam menelusuri dan mencari ayat-ayat Al-Qur'an berdasarkan kata kunci yang kita inginkan.

Perbedaan atau kelebihan program ini dengan aplikasi serupa yang lain adalah fleksibilitas dalam melakukan pencarian. Misalnya dalam mencari nama surat (yang mungkin kita tidak pasti bagaimana penulisannya), pada program ini kita bisa memasukan potongan nama surat saja maka nama surat yang aslinya akan muncul.



Pencarian berdasarkan kata kunci mampu untuk mencari ayat-ayat yang (terjemahannya) mengandung "serangkaian kata tertentu" (kalimat atau frase), mengandung "salah satu" kata yang kita masukkan, atau mengandung "beberapa kata" sekaligus walaupun tidak berurutan.

Misalnya pencarian "matahari dan bulan".
Jika pencarian sebagai kalimat/frase, maka ayat yang dihasilkan adalah yang mengandung kalimat/frase tersebut secara utuh.
Jika pencarian ayat yang mengandung "matahari" DAN "bulan" (dua kata tersebut harus ada), maka kita dapat memasukkan kunci pencarian "matahari+bulan".
Jika pencarian menggunakan kata kunci "matahari bulan", maka pencarian akan menghasilkan ayat yang mengandung salah satu dari kata tersebut.



Selain untuk pencarian, program MyQuran Explorer juga bisa digunakan untuk menampilkan ayat-ayat dari surat yang kita inginkan. Penampilan ayat ini bisa kita atur apakah menampilkan ayat dalam bahasa Arab lengkap dengan terjemahannya, teks bahasa Arab saja, atau teks terjemahan saja.


Hasil pencarian bisa langsung dicetak ke printer.


Silahkan download dan manfaatkan. FREE alias GRATIS!
Semoga bermanfaat, amiin.

***

Baca/Download PDF tentang aplikasi MyQur'an Explorer di sini. Anda juga bisa membagi file PDF ini ke teman atau saudara, semoga bermanfaat bagi mereka dalam mentadaburi Al-Qur'an (dan juga pahala buat anda).

Buka / Download File PDF

 



6 komentar:

  1. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

    Aplikasinya sangat bermanfaat bang.. semoga ilmunya semakin berkah dan bertambah dan menjadi catatan amal shaleh untuk bekal di akhirat nanti.

    اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

    BalasHapus
    Balasan
    1. اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

      Hapus
  2. Assalamu alaikum, di Aplikasi MyQuran Explorer diminta update, tapi disini belum dapat link updatenya ke versi yang baru ya?. saat ini kami menggunakan yang versi 1.3, mohon bantuannya

    BalasHapus
  3. Wa'alaikum salam.
    Terima kasih info nya, dan sudah saya update menjadi versi 1.4.
    Silahkan download untuk menggantikannya yang lama.
    Semoga dengan rajinnya kita tadabur Al-Qur'an maka rahmat Allah selalu untuk kita. Aamiin.

    BalasHapus
  4. assalamualaykum nuhun pak saya download juga izin

    BalasHapus